Jumat, 27 Februari 2009

HIDUP BUKAN PILIHAN…



Masih ingat Lintang di Laskar Pelangi? Seseorang yg pintar tapi harus memperjuangkan hidupnya dengan cara memutar arah….

Kejadian seperti ini tidak hanya berlaku pada Lintang, walaupun dalam konteks yang berbeda… temanku, saudaraku dan akupun pernah mengalami hal yang sama. Ketika mengalaminya, serasa dunia tidak bersahabat dengan kita, merasa Allah membenci kita dan merasa sedang di azab di dunia….

Allah arrahman arrahim tidak ada wacana kejam kepada manusia yg Dia ciptakan, tapi Dia terlalu menyayangi umatnya sehingga diberi guratan-guratan kehidupan yang akan mempermanis bentuk manusia itu sendiri….

Hidup adalah perjuangan menujuNya dengan kesyukuran yang hanya akan menambah nikmatnya, dengan kesabaran yang akan membuat kita tidak terlalu takut menghadapi apapun ….dan dengan khusnudzon,selalu berbaik sangka kepadaNya meyakinkan bahwa kitalah yang kan jadi pemenangnya………… Allah sedang mengajarkan kita Ikhlas…sesuatu yg gampang diucapkan tapi perlu tempaan mental, jiwa, perasaan yang subhanallah ruar biasa untuk dijalani…Kata siapa hidup adalah pilihan?

3 komentar:

  1. Menurut saya...
    Di dunia ini selalu ada pilihan.. mau A, mau B, mau Z? Selalu ada...

    Pasrah kepada Allah SWT memang wajib.. rezeki (dalam bentuk apapun) memang sudah di takar ke masing-masing Hamba nya..

    Namun, kita harus menjalani hidup ini berdasarkan pilihan yang kita anut. Mau kita terbawa arus negatif? atau kita memilih jalan yang positif?
    Itu pilihan kita masing2...

    Setuju atau tidak setuju.. itu pilihan Anda.
    Hidup adalah pilihan...

    Salam,
    LWL,- http://lwloeksmanto.blogspot.com

    BalasHapus
  2. menurut aku yun, hidup tetap sebuah pilihan, ketika kita dikirim ke dunia itu bukan pilihan hidup kita tapi takdir Yang Kuasa, demikian juga kematian. Tetapi ketika kita sudah dapat menggunakan otak kita untuk berpikir secara konkrit artinya telah dewasa hidup adalah pilihan..kita harus memilih hidup apa yang akan kita jalani..apakah kita akan memilih jalan yang lurus atau jalan yang tidak lurus, Allah memberikan akal dan hati nurani manusia untuk digunakan karena memang fitrahnya, itulah yang membedakan manusia dengan mahluk Allah lainnya. Jika Allah memberi kita sebuah ujian itu pun tetap sebuah pilihan bagaimana kita menyelesaikan ujian yang diberikan Allah..Allah melihat ihtiar kita, proses kita dalam menghadapi ujian ini dan pada akhirnya kita harus memilih jalan kita sendiri yang kita yakini jalan ini yang terbaik..wallahu allam...

    BalasHapus
  3. memang dalam hidup benyak sekali pilihan ... tetapi jika ditelaah lebih dalam lagi ... semua pilihan yang variatif itu akan bermuara ke satu pilihan ... yaitu pilihan yang diperuntukan untuk mendapat Ridho Allah SWT. jadi jika kita selalu memilih itu .. apakah kemudian kita memiliki pilihan lain ?

    BalasHapus

Add your comment